5 Makanan Khas Bali yang Wajib Dinikmati Selain Babi Guling

TEMPO.CO, Jakarta – Selain destinasi wisata, Bali memiliki kuliner yang beragam. Salah satunya babi guling. Namun, selain babi guling, ada beberapa makanan lain khas Bali. Berikut lima makanan yang bisa dicicip saat liburan di Bali:

1. Lawar

Salah satu makanan yang sudah familiar di Bali dan jarang ditemui di daerah lain adalah lawar. Lawar merupakan makanan yang terbuat dari campuran daging cincang dan sayuran yang diberi bumbu. Bumbu yang membuat lawar enak di antaranya cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih. Selain itu lawar juga makin gurih dengan campuran kelapa parut. Selain itu harga lawar juga terjangkau.

2. Bebek Betutu

Selain babi guling, makanan yang jadi buruan turis adalah bebek betutu. Meski memiliki bumbu dasar yang hampir sama dengan bebek bumbu lainnya, bebek betutu memiliki ciri khas rempah yang kuat dan dimasak selama tujuh jam. Tujuan bebek dimasak selama itu untuk mendapatkan daging yang empuk dan bumbu yang meresap.

3. Nasi Tepeng

Kalau Jawa Timur punya nasi pecel. Bali memiliki kuliner yang mirip, yaitu nasi yang dicampur dengan sayur, ayam goreng, nangka muda, telur, dan kacang merah. Yang membedakan nasi tepeng dengan nasi pecel adalah nasi yang digunakan dalam nasi tepeng dimasak agak lama dan menjadi lembek. Penyajiannya juga menggunakan daun pisang. 

4. Nasi Jinggo

Nasi jinggo banyak dikonsumsi masyarakat di Bali dan menjadi makanan sehari-hari. Makanan ini juga dijual oleh salah satu minimarket. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba rasa otentik dari nasi jinggo langsung di Bali. Ayam suwir, sambal, sayur, orek tempe dan mie sebagai ciri nasi jinggo di Bali disajikan dengan daun pisang sehingga memiliki aroma khas. Harga dari nasi jinggo juga terjangkau. 

5. Laklak

Selain makanan berat, di Bali juga ada makanan ringan yang dapat digunakan untuk camilan. Laklak terbuat dari campuran tepung beras dan santan kadang juga dicampur dengan pandan untuk pewarna. Kue kecil yang besarnya sekitar tutup botol disajikan dengan parutan kelapa. 

TATA FERLIANA

Baca juga: Tempat Baru Bebek Timbungan, Kuliner Khas Tertua dari Bali

Baca Juga artikel Keluaran hk hari ini