Anies Baswedan Pamer Atap JIS Sudah Terpasang Semua

TEMPO.CO, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memamerkan proyek Jakarta International Stadium atau JIS yang sudah hampir rampung.

“Alhamdulillah, seluruh atap metal sheet JIS sudah tertutup semua pada minggu ke-118, realisasi pekerjaan telah mencapai 87,85%,” tulis Anies dalam akun Instagram resminya, Jumat, 10 Desember 2021.

Dalam video yang diunggah Anies, tampak stadion di utara Jakarta itu sudah tertutup bagian atapnya. Dari video drone tersebut terlihat bagian atap yang sudah rapat tertutup.

Proyek JIS ini adalah salah satu program yang jadi andalan Anies Baswedan.

PT Jakarta Propertindo atau Jakpro yang mengerjakan proyek ini menyatakan bahwa JIS telah mencapai realisasi pembangunan 87,85 persen.

“Alhamdulillah seluruh atap metal sheet JIS sudah tertutup semua,” ujar dia di Jakarta Utara, Rabu, 10 Desember 2021.

Menurut Arry, pemasangan seluruh metal sheet roof JIS tuntas sesuai waktu yang direncanakan atau sebelum 11 Desember 2021, sehingga kerja sama operasional (KSO) proyek JIS terus mengakselerasi pengerjaan pembangunan stadion secara optimal.

“Tentunya tertutup seluruh atap JIS ini akan mengakselerasi pekerjaan lainnya, karena menjadi lebih aman,” ujar Arry.

Arry mengungkapkan seluruh atap yang telah tertutup dapat menambah nilai estetika JIS, terutama jika diambil gambarnya dari atas. Sebab, atap baja JIS memiliki warna yang kontras ketika didokumentasikan menggunakan kamera.

“Kalo difoto bagus, metal sheet warna kontras sehingga menjadi terang atau terlihat warna putih. Padahal warna aslinya abu-abu terang,” ucap Arry.

Kini, diungkapkan Arry, pembangunan JIS telah memasuki tahap akhir. Sehingga banyak pekerjaannya bagian dalam (interior) yang dilaksanakan, seperti pemasangan bangku penonton, pengerjaan sisa-sisa precast tribun penonton, pemasangan lampu, hingga pemasangan sistem audio (sound system).

“Pemasangan kursi terutama tier tiga akan lebih aman dari hujan maupun panas, sehingga pekerjaan menjadi lebih cepat. Sebelum seluruh tertutup, sound system masih ditutupi plastik untuk mencegah terkena air hujan,” ujarnya.

JULI/ANTARA

Baca Juga artikel Keluaran hk hari ini