Hasil Piala AFF 2020: Laos vs Indonesia, Babak 1 Skor 1-2

TEMPO.CO, Jakarta –┬áPertandingan babak pertama Laos vs Indonesia dalam laga babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Singapura, untuk sementara skor 1-2, Minggu, 12 Desember 2021. Pertarungan berlangsung mulai 16.30 WIB atau 17.30 waktu setempat.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menurunkan tim yang berbeda saat menghadapi Laos. Kali ini, dia memainkan dua penyerang sekaligus, yaitu Kushedya Hari Yudo dan Dedik Setiawan. Sementara Ezra Walian di bangku cadangan.

Perubahan juga terjadi di lini pertahanan. Alfeandra Dewangga beduet dengan Rizky Ridho Ramadhani di posisi bek tengah. Mereka diapit Moh Edo Febriansah di bek kiri dan Asnawi Mangkualam Bahar di sisi kanan. Di posisi kiper, Shi Tae-yong memainkan Ernando Ari Sutaryadi.

Di lini tengah, Evan Dimas kembali berduet dengan Ricky Kambuaya, serta Irfan Jaya dan Rachmat Irianto.

Seperti laga sebelumnya, skuad Garuda bermain menekan sejak awal pertandingan. Namun, mereka tidak mudah melancarkan serangannya ke lini pertahanan Laos.

Gol yang dinantikan baru tercipta pada menit ke-23 melalui tendangan penalti Asnawi Mangkualam Bahar. Wasit menunjuk titik putih setelah Alfeandra Dewangga dijatuhkan di area terlarang.

Irfan Jaya menggandakan keunggulan pada menit ke-35. Dia memaksa kiper Laos memungut bola dari gawangnya untuk kedua kalinya setelah berhasil menyelesaikan umpan silang yang di kirim Asnawi dari sisi kanan.

Laos mencetak gol balasan untuk memperkecil ketertinggalan pada menit ke-41 melalui penyerang Kydavone Souvanny. Dia melakukan tembakan keras yang tidak bisa dihalau kiper Ernando Ari Sutaryadi.

Mendekati istirahat turun minum, timnas Indonesia mendapat kesempatan mencetak gol lewat tendangan bebas Irfan Jaya. Namun, tendangannya masih melenceng. Kedudukan tetap 1-2 untuk keunggulan skuad Garuda.

Susunan pemain:

Timnas Indonesia (4-3-3) : Ernando Ari Sutaryadi; Asnawi Mangkualam Bahar, Rizky Richo Ramadhani, Alfeandra Dewangga, Mohamad Edo Febriansyah; Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Evan Dimas; Kushedya Hari Yudo, Dedik Setiawan, Irfan Jaya.

Timnas Laos (3-4-2) : Keo Oudone Souvannasangso; Kaharn Phetzivilay, Mitsada Sataifah, Thipphachacnth Inthavong; Bouphachan Bounkong, Phatana Phommathep, Phoutthasay Khochalern, Xadee Pomsavanh; Kydavone Souvanny, Billy Ketkeophomphone

Baca Juga artikel Keluaran hk hari ini