Piala AFF 2020, Irfan Jaya Jadi Pemain Terbaik laga Laos Vs Indonesia

TEMPO.CO, Jakarta –¬†Irfan Jaya terpilih menjadi pemain terbaik laga Laos vs Indonesia yang berakhir 1-5. Irfan mengikuti jejak Ricky Kambuaya yang terpilih menjadi pemain terbaik pada laga sebelumnya saat Indonesia membungkam Kamboja 4-2.

Pemain sayap asal klub PSS Sleman itu menyumbangkan satu gol dan satu assist pada laga yang berlangsung di Stadion Bishan, Singapura, Ahad sore 12 Desember 2021. Irfan mencetak gol kedua Indonesia pada menit ke-34 setelah eksekusi penalti Asnawi Mangkualam membawa skuad Garuda unggul 1-0.

Setelah itu dia mencetak assist atas gol ketiga Timnas Indonesia yang diciptakan oleh Witan Sulaeman. Dua gol Indonesia lainnya tercipta lewat kaki Ezra Walian dan Evan Dimas.

Gol tersebut merupakan yang pertama bagi Irfan bersama Timnas Indonesia di sebuah turnamen resmi. Sebelumnya dia tercatat telah mencetak tiga gol bagi skuad Garuda namun semuanya tercipta pada laga persahabatan.

Selain Irfan, Witan Sulaeman juga sebenarnya layak mendapatkan penghargaan tersebut. Baru bermain pada babak kedua, Witan juga menciptakan assist untuk gol Ezra dan Evan Dimas.

Sebagai pemain terbaik, Irfan Jaya berhak mendapatkan sebuah smartphone Oppo A95. Perusahaan telepon seluler asal Cina itu memang merupakan salah satu sponsor resmi di ajang Piala AFF 2020.

Kemenangan 5-1 pada laga kontra Laos itu sempat membuat Timnas Indonesia berada di puncak klasemen Grup B. Akan tetapi anak asuh Shin Tae-yong digeser oleh Vietnam yang pada laga selanjutnya meraih kemenangan 3-0 dari Malaysia.

Timnas Indonesia dan Vietnam dan Malaysia sama-sama mengantongi poin enam dari dua kemenangan. Akan tetapi Vietnam dan Indonesia baru bermain dua kali sementara Malaysia sudah tiga kali.

Pada laga selanjutnya Rabu 15 Desember 2021, Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam. Setelah itu mereka akan meladeni Malaysia pada partai terakir Ahad, 19 Desember 2021.

Irfan Jaya cs membutuhkan satu kemenangan dari dua laga terakhir untuk melaju ke babak semifinal Piala AFF 2020. Indonesia juga bisa saja lolos jika meraih dua kali hasil imbang.

AFF|PSSI

Baca: Timnas Indonesia Kalahkan Laos 5-1, Shin Tae-yong: Berkat Persiapan yang Baik

Baca Juga artikel Keluaran hk hari ini