Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Pria Disuntik 10 Dosis Vaksin, Danau Maninjau

TEMPO.CO, Jakarta – Top 3 Tekno Berita Hari Ini dimulai dari topik tentang seorang pria yang berasal dari Selandia Baru telah dilabeli ‘unbelievably selfish’ setelah menerima hingga 10 dosis vaksin Covid-19 dalam satu hari. Kabarnya pria yang tidak disebutkan namanya itu melakukannya dengan mengunjungi beberapa pusat vaksinasi yang sekarang masih dalam penyelidikan.

Berita terpopuler selanjutnya tentang sekitar 200 ton ikan jenis nila dan mas di keramba jaring apung Danau Maninjau, Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mati mendadak akibat angin kencang disertai curah hujan tinggi melanda daerah itu pada Senin, 6 Desember 2021.

Selain itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, memberi konfirmasi kenaikan status Gunung Awu dari level I (normal) menjadi level II (waspada). Kenaikan status gunung api itu berlaku mulai hari ini, Minggu 12 Desember 2021, pukul 12.00 Wita.

Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno.

1. Disuntik 10 Dosis Vaksin Covid-19 Sehari, Pria Selandia Baru Diperiksa

Seorang pria yang berasal dari Selandia Baru telah dilabeli ‘unbelievably selfish’ setelah menerima hingga 10 dosis vaksin Covid-19 dalam satu hari. Kabarnya pria yang tidak disebutkan namanya itu melakukannya dengan mengunjungi beberapa pusat vaksinasi yang sekarang masih dalam penyelidikan.

Menurut laporan, skema yang dilakukan pria tersebut dengan mengatasnamakan orang lain dan mengaku belum mendapatkan vaksin. Selain itu, pria itu juga diduga dipekerjakan oleh seseorang dan menerima pembayaran dari oknum yang berusaha memalsukan cacatan vaksinasi agar diberi kebebasan untuk melakukan berbagai aktivitas.

Manajer program vaksin dan imunisasi Covid-19 di Selandia Baru, Astrid Koornneef, menerangkan bahwa Kementerian Kesehatan negaranya telah menanggapi masalah ini dengan serius. “Kami sangat prihatin dengan situasi ini dan bekerja sama dengan instansi terkait untuk menyelidikinya,” ujar dia kepada Stuff New Zealand, Sabtu, 11 Desember 2021.

Koornneef melanjutkan bahwa menggunakan identitas orang lain dan menerima perawatan medis adalah hal yang berbahaya. Ini menempatkan pada risiko orang yang menerima vaksinasi dengan identitas yang diasumsikan dan orang yang catatan kesehatannya akan menunjukkan bahwa mereka telah divaksinasi padahal belum.

2. 200 Ton Ikan Mati Mendadak di Danau Maninjau Sumbar

Sekitar 200 ton ikan jenis nila dan mas di keramba jaring apung Danau Maninjau, Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mati mendadak akibat angin kencang disertai curah hujan tinggi melanda daerah itu pada Senin, 6 Desember 2021.

Penyuluh Perikanan Kecamatan Tanjungraya, Asrul Deni Putra, di Lubukbasung, Minggu, 12 Desember 2021, mengatakan kematian 200 ton ikan itu tersebar di dua nagari, yakni Nagari Tanjung Sani sebanyak 50 ton dan Nagari Koto Kaciak 150 ton.

Di Nagari Tanjung Sani tersebar di Jorong Muko Jalan, Jorong Batu Nanggai, Jorong Galapuang dan Jorong Pandan. “Ini data sementara yang saya peroleh dari petani dan ikan itu berasal dari ratusan petak keramba jaring apung milik 150 orang,” katanya.

Ia mengatakan ikan jenis nila dan mas itu mati akibat angin kencang disertai curah hujan tinggi melanda daerah itu yang menyebabkan terjadi pembalikan air di dasar danau vulkanik itu. Pembalikan air itu menyebabkan sisa pakan di dasar danau yang mengandung amoniak terangkat ke atas dan membuat ikan keracunan.

3. Paling Mematikan Keempat, Gunung Awu Naik Status Jadi Waspada

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, memberi konfirmasi kenaikan status Gunung Awu dari level I (normal) menjadi level II (waspada). Kenaikan status gunung api itu berlaku mulai hari ini, Minggu 12 Desember 2021, pukul 12.00 Wita.

“Informasi peningkatan aktivitas Gunung Awu dari normal menjadi waspada diterima dari Badan Geologi Kementerian ESDM,” kata Kepala BPBD Sangihe, Wandu Labesi, di Tahuna, Kabupaten Sangihe, Minggu.

Wandu menuturkan, status Waspada menjadikan masyarakat dilarang beraktivitas dalam radius satu kilometer dari puncak Gunung Awu. Masyarakat juga diminta tetap tenang. “Masyarakat diharapkan mengikuti arahan dari Badan Penanggulangan Daerah Kabupaten Sangihe,” kata dia.

Gunung Awu di Pulau Sangihe adalah gunung api aktif Indonesia yang posisi geografisnya berada di paling utara. Puncak gunung api ini berada pada ketinggian 1.320 meter di atas permukaan laut dengan catatan erupsi terakhirnya pada Juni 2004 lalu. Simak Top 3 Tekno Berita Hari Ini lainnya di Tempo.co.

Baca:
Top 3 Tekno Berita Hari Ini: PLTS Portabel ITB, Ponsel dengan Snapdragon 8 Gen 1

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Baca Juga artikel Keluaran hk hari ini