Ini 2 Poin Protes Mercedes Terkait Hasil Balapan Formula 1 Abu Dhabi

TEMPO.CO, Jakarta – Tim Mercedes melayangkan protes pada terkait hasil balapan Formula 1 Abu Dhabi yang dimenangkan oleh pembalap tim Red Bull Max Verstappen. Mereka mengajukan dua masalah kepada pengawas balapan yang bisa mengancam gelar juara dunia yang diraih oleh Max Verstappen.

Mercedes menilai ada dua pelanggaran regulasi ketika safety car dikeluarkan di pengujung balapan. Penyataan resmi dari pengawas balapan menyebut poin pertama yang diprotes Mercedes adalah terkait klasifikasi pembalap di akhir balapan. Mereka menilai hal itu melanggar artikel 48.12.

Mereka memprotes keputusan Pengarah Balapan Michael Masi yang memerintahkan lima pembalap yang berada di antara Verstappen dan Hamilton untuk mendahului safety car. Alhasil Max Verstappen yang sempat masuk ke garasi untuk mengganti ban kembali berada di belakang Hamilton yang memilih tidak mengganti ban.

Masalah kedua yang diprotes oleh Mercedes adalah karena mereka menilai Verstappen mendahului mobil Hamilton saat safety car belum benar-benar keluar dari lintasan. Mercedes menyebut tindakan Verstappen itu ilegal.

Menurut laporan Sky Sports, pengawas balapan masih terus berdiskusi soal masalah ini dengan kedua tim. Mereka sebelumnya telah diperintahkan untuk kembali ke garasi masing-masing untuk mengumpulkan bukti-bukti.

Pengawas balapan disebut akan membuat keputusan malam ini. Nantinya, pihak yang merasa dirugikan bisa mengajukan banding ke arbitrase olahraga (CAS).

Pada balapan Ahad malam 12 Desember 2021, Max Verstappen menang dalam balapan dramatis setelah menyalip Lewis Hamilton pada putaran terakhir. Safety car sempat keluar setelah pembalap Williams Nicholas Latifi menabrak dinding pembatas di tikungan ke-14.

Saat itu Hamilton tengah unggul 11 detik dari Verstappen. Red Bull memutuskan memanggil Verstappen ke garasi untuk mengganti bannya dengan kompon lunak sementara Hamilton memutuskan untuk bertahan dengan ban lamanya.

Saat keluar dari garasi, Verstappen terhadang lima mobil yang berada di belakang Hamilton. Akan tetapi Pengendali Balapan Michael Masi memerintahkan lima mobil itu menyalip Hamilton dan menempati posisi dimana mereka berada sebelum safety car keluar.

Hal itu membuat Max Verstappen kembali berada di belakang Lewis Hamilton. Setelah safety car keluar lintasan, Verstappen mampu menyalip Hamilton dan akhirnya memenangkan balapan sekaligus merebut gelar juara dunia Formula 1 2021.

REUTERS|SKY SPORTS

Baca Juga artikel Keluaran hk hari ini