Liga Prancis: Kylian Mbappe Torehankan Gol Ke-100 buat PSG, Genggam Rekor

TEMPO.CO, Jakarta – Rekor gol baru yang ditorehkan Kylian Mbappe mewarnai kemenangan 2-0 yang diraih Paris Saint-Germain atas AS Monaco dalam laga pekan ke-18 Liga Prancis di Stadion Parc des Princes, Ahad waktu setempat (Senin dinihari WIB).

Mbappe memborong dua gol kemenangan PSG di pertandingan itu. Ia kini telah mengumpulkan 100 gol bersama Le Parisiens dan menjadi pemain termuda yang mencapai angka tersebut untuk satu klub di Liga Prancis, yakni dalam usia 22 tahun dan 357 hari.

Musim ini, ia mencetak sembilan gol dan memberi 14 assist atas di Ligue 1. Perannya sangat besar untuk membuat PSG mapan di puncak klasemen.

Bintang PSG itu mencetak gol pertamanya lewat eksekusi penalti pada menit ke-12 untuk membuka keunggulan tuan rumah setelah Lionel Messi dijatuhkan oleh Djibril Sidibe di dalam area terlarang.

Lantas Mbappe mencetak gol keduanya tepat di pengujung waktu normal babak pertama setelah menerima umpan dari Messi dan melepaskan tembakan melengkung yang bersarang ke pojok tiang jauh untuk menggandakan keunggulan PSG.

PSG sebetulnya punya banyak peluang untuk memperlebar marjin keunggulan selepas Mbappe menorehkan rekornya, salah satunya saat Messi punya ruang tembak luas di dalam kotak penalti tapi penyelesaiannya melenceng dari sasaran pada menit ke-71.

Sebaliknya, Monaco yang berusaha bangkit tak banyak menciptakan situasi berbahaya dan hanya tiga tembakan tepat sasaran yang masih mudah dijinakkan oleh kiper Gianluigi Donnarumma.

Kemenangan kali ini kian memantapkan posisi PSG di puncak klasemen Liga Prancis dengan koleksi 45 poin, unggul 13 poin atas Marseille di urutan kedua.

Sedangkan Monaco, yang harus merelakan tren positif lima laga nirkalah mereka berakhir, tertahan di peringkat kedelapan dengan 26 poin setelah disalip Montpellier sehari sebelumnya, demikian catatan laman resmi Liga Prancis.

Kedua tim akan kembali merumput pada Rabu (22 Desember) saat PSG bertandang ke markas Lorient dan Monaco menjamu Rennes di Stadion Louis II.

Baca Juga: Manchester United Dilanda Covid-19

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Baca Juga artikel Keluaran hk hari ini