Tips Laris buat yang Ingin Buka Warung Bakso

TEMPO.CO, Jakarta – Berjualan bakso dapat menjadi pilihan dan potensi yang menjanjikan. Pasalnya, banyak orang Indonesia yang menyukai makanan hangat berkuah ini dan tidak terbatas di usia tertentu. Hampir seluruh usia dan kalangan menyukai bakso.

Walaupun hampir dari keseluruhan masyarakat suka makan bakso hingga memiliki potensi yang besar, bukan berarti Anda tidak perlu strategi untuk membuka usaha bakso. Berikut beberapa tips membuka warung bakso agar sukses.

Lakukan riset pasar
Hal yang dapat dilakukan pertama kali adalah melakukan riset pasar. Anda dapat mengetahui seperti lokasi para kompetitor, kalangan yang paling ramai di lokasi, melihat berbagai menu dalam pelayanan yang ditawarkan oleh kompetitor, dan lainnya. Dengan melakukan riset pasar, Anda akan memiliki strategi yang lebih matang dan dapat menentukan hal-hal yang dibutuhkan dan yang tidak.

Tentukan lokasi yang strategis
Setelah melakukan riset, hal kedua yang dapat dilakukan adalah menemukan lokasi yang strategis. Anda dapat menentukan lokasi berdasarkan hasil riset, seperti di pemukiman, perkantoran, lingkungan mahasiswa, dekat tempat rekreasi, dekat mal, stasiun, dan lainnya. Pastikan lokasi ramai.

Pasang harga yang kompetitif
Setelah melakukan riset dan menentukan lokasi, pastikan memasang harga yang kompetitif di lingkungan. Anda dapat menyesuaikan dengan melihat target pasar atau kalangan yang paling banyak di lingkungan. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah menentukan harga. Namun perlu diingat, pastikan juga mendapatkan keuntungan dengan harga yang telah dipasang. Hal ini penting karena pada dasarnya kita tidak ingin merugi.

Buat tawaran unik dan berkualitas
Berikutnya buatlah menu yang berkualitas, terutama bahan yang digunakan. Setelahnya, Anda dapat membuat menu unik dibandingkan kompetitor. Anda dapat berfokus pada jenis bakso, membuat menu-menu modern seperti menggunakan mozarella, bakso pedas, ukuran bervariasi, dan lainnya.

Setelah itu, pastikan juga unggul dari sisi kebersihan. Kebersihan sendiri seringkali menjadi faktor utama pembeli sebelum membeli makanan Anda. Pastikan Anda memberikan tawaran yang berbeda dibandingkan kompetitor lain berdasarkan riset pasar yang telah dilakukan. Hal ini penting agar tawaran yang diberikan lebih efektif.

Gunakan strategi untuk menarik perhatian pelanggan
Hal yang dapat dilakukan selanjutnya adalah menarik perhatian pelanggan. Anda dapat membuat spanduk besar atau menghiasi gerobak atau lokasi usaha sehingga dapat dilihat oleh masyarakat yang sedang lewat. Anda juga dapat melakukan pemasaran dengan menawarkan cara masak yang unik dan menarik untuk selalu dilihat.

Kemudian, Anda dapat memanfaatkan media sosial untuk memasarkan usaha bakso. Anda juga bisa memasang strategi promo, diskon di hari-hari tertentu, juga dapat melakukan strategi dengan memberikan diskon kepada pelanggan yang memotret makanan dan mengunggah foto tersebut sambil mencantumkan nama bisnis Anda di media sosial. Lakukanlah berbagai strategi kreatif agar bisnis semakin dikenal, terutama di lingkungan.

Pelayanan terbaik kepada pelanggan
Dengan memiliki strategi dan menawarkan menu yang menarik, pastikan Anda selalu konsisten untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Anda dapat mendengar saran atau keluh kesah para pelanggan dan gunakan saran tersebut sebagai referensi atau pertimbangan. Dengan menghargai para pelanggan maka mereka juga akan menghargai Anda dan akan senang dengan pelayanan Anda.

Pastikan Anda terus menerapkan strategi agar bisnis bakso dapat terus berkembang. Selalu kelola keuangan sebelum memutuskan sesuatu dan pastikan langkah bisa tepat atau cukup baik. Jika sudah melakukan pembesaran skala, Anda juga perlu mempekerjakan karyawan yang baik. Anda dapat dapat mempekerjakan karyawan yang cepat, ramah kepada konsumen, dan selalu menghargai dan mendengarkan Anda. Namun, pastikan Anda juga mendengarkan dan menghargai karyawan.

Baca juga: Bocoran buat yang Ingin Buka Warung Bakso

Baca Juga artikel Keluaran hk hari ini